manfaat cloud computing

Manfaat Cloud Computing pada Beberapa Sektor

Seiring perkembangan teknologi dan komputer, manfaat cloud computing ini mulai di rasakan dan menjadi pertimbangan untuk di gunakan pada beberapa sektor seperti, bisnis, pendidikan dan sebagainya. Lantas, apa yang di maksud cloud computing?

Sederhananya, cloud computing adalah media penyimpanan komputasi dengan menggunakan jaringan internet. Nah, lebih lengkapnya tanpa berlama-lama yuk langsung simak penjelasannya yang sudah di rangkum oleh Jagoan Cloud di bawah ini!

Sebelum Lanjut Baca Dulu: Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Apa itu cloud computing?

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya, cloud computing adalah cara penyimpanan secara komputasi yang menggunakan akses internet.

Jadi, analogi sederhananya, cloud computing dapat membantumu untuk menyelesaikan tugas menggunakan komputer. Seperti, menyimpan, mengakses serta memanajemen data dengan cara mudah.

Namun, perbedaan antara komputer dengan cloud computing terdapat pada server. Cloud computing yang merupakan teknologi penyimpanan berbasis komputasi di mana servernya bisa di akses di mana dan kapan saja selama mendapatkan akses internet.

Saat ini, cloud computing banyak di butuhkan dan di gunakan untuk menyimpan data. Baik individu maupun perusahaan untuk melakukan pekerjaan dengan cara online. Contoh paling banyak adalah aplikasi pengolah data seperti, Google Sheet, Google Docs dan lain-lain.

Lebih lanjut, cloud computing seperti, Google Drive ini tidak hanya di gunakan khusus untuk kebutuhan internal. Tetapi juga di gunakan untuk menyimpan dan memanajemen data perusahaan yang mengutamakan data center.

Manfaat cloud computing

Setelah mengetahui definisi apa yang di maksud cloud computing, mungkin kamu sudah tergambar apa saja manfaat dari cloud computing tersebut.

Kali ini Jagoan Cloud membagi manfaat cloud computing menjadi 5 jenis. Di antaranya, dalam kehidupan sehari-hari, dunia pendidikan, bisnis, bagi masyarakat dan juga organisasi. Simak ulasannya secara lengkap berikut ini:

Manfaat cloud computing untuk kehidupan sehari-hari

Pada dasarnya, penyimpanan komputasi ini di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya untuk mengolah file data dan menjalankan program instalasi menggunakan koneksi internet.

Lebih lanjut, manfaat lainnya untuk kehidupan sehari-hari dapat di gunakan user untuk menyimpan dan mengatur data secara keseluruhan yang di sediakan secara online melalui komputer dan akses internet. Data yang tersimpan pada cloud computing juga di jamin keamanannya, lho Sob!

Data-data penting tersebut juga dapat di kelola melalui server yang aman dan biasanya di sediakan oleh pihak ketiga penyedia cloud computing.

Manfaat satu ini dalam kehidupan sehari-hari juga dapat di gunakan sebagai investasi jangka panjang. Contohnya, untuk penghematan biaya personal seperti, pengadaan hardisk, infrastruktur, serta biaya perizinan software dan lain-lain.

Manfaat cloud computing dalam dunia pendidikan

manfaat cloud computing di dunia pendidikan

Tidak hanya di gunakan untuk kehidupan sehari-hari, cloud computing bermanfaat dalam dunia pendidikan.

Sebab, dengan perkembangan teknologi saat ini, penyimpanan berbasis komputasi ini mendukung adanya kegiatan pembelajaran secara online atau e-learning yang dapat di akses di mana pun dan kapan pun. Sehingga memudahkan guru maupun siswa untuk membuka, mengirimkan, dan berbagi dokumen dengan mudah.

Selain itu, cloud computing bermanfaat untuk mendukung sistem akademik berbasis online atau virtual contohnya, pendaftaran siswa baru, ujian online dan lain sebagainya. Dengan demikian, menggunakan penyimpanan komputasi ini menjadi salah satu media untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

Apalagi saat pandemi covid-19 merebak di Indonesia di awal Maret 2020, banyak institusi pendidikan yang menerapkan sekolah secara daring yang pastinya banyak memanfaatkan cloud computing, Sob.

Sehingga, dapat di simpulkan bahwa manfaat cloud computing sebagai solusi tepat untuk dunia pendidikan meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Manfaat cloud computing dalam dunia bisnis

Berikutnya, saat ini banyak perusahaan besar hingga rintisan (startup) yang memakai cloud computing. Lalu, apa manfaat cloud computing dalam bisnis?

Salah satu kontribusinya dalam dunia bisnis adalah data lebih terpusat dan terintegrasi. Tentunya, perusahaan memiliki banyak sekali dokumen dan file penting.

Nah, data dan file tersebut dapat di simpan melalui cloud computing yang lebih terpusat dan terintegrasi.

Selain itu, data dan file tersebut juga dapat di integrasikan dengan komputer milik karyawan perusahaan, sehingga mereka dapat mengaksesnya dimana dan kapan saja saat di perlukan.

Lebih lanjut, cloud computing juga di manfaatkan untuk menghasilkan skalabilitas yang lebih tinggi. Sebab, cloud computing sendiri memiliki daya penyimpanan juga bandwidth tinggi yang dapat di atur naik turunnya.

Tentunya, dengan begitu pemilik bisnis akan lebih hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya penambahan daya penyimpanan.

Manfaat penting lainnya adalah soal keamanan. Setiap bisnis pasti memerlukan keamanan data yang mumpuni, maka dari itu, pilihan yang tepat menggunakan cloud computing dapat berfungsi untuk melindungi keamanan data dari serangan hacker atau pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini dapat meningkatkan reputasi bisnis di mata konsumen, bagaimana tidak? Mereka tidak akan khawatir jika data tersimpan sebagai database bisnis yang keamanan datanya terjamin.

Manfaat cloud computing bagi masyarakat

manfaat cloud computing bagi masyarakat

Perkembangan teknologi membuat cloud computing juga banyak di manfaatkan oleh masyarakat.

Bahkan, menurut data penggunaan cloud computing mencapai 95 persen yang di barengi dengan perkembangan aplikasi-aplikasi yang berbasis penyimpanan komputasi.

Manfaat dari penggunaan cloud computing dapat di lihat dari kemampuan untuk berinteraksi dan berkolaborasi secara efektif dengan kolega, partner, teman, dan lain sebagainya.

Tentunya memudahkan masyarakat untuk saling terhubung, hingga dapat meningkatkan produktivitas dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat cloud computing bagi organisasi

manfaat cloud computing bagi organisasi

Last but not least, manfaatnya bagi organisasi yang masih bertujuan untuk mengelola serta menyimpan data, Sob.

Setiap organisasi memerlukan penyimpanan komputasi seperti, menyimpan data fisik, ketika data tersebut di konversikan menjadi data digital maka, organisasi dituntut untuk memiliki server yang terpusat dan bisa mengelola server itu sendiri.

Selain itu, juga di perlukan untuk back up data juga jadi salah satu manfaat cloud computing. Setiap organisasi tentunya perlu mempertimbangkan untuk memakai cloud computing agar dapat menerapkan back up data, untuk menghindari kehilangan data penting organisasi.

Hingga saat ini dalam memenuhi tuntutan tersebut, banyak organisasi yang memanfaatkan sistem SaaS singkat dari Software as a Service yaitu, salah satu layanan yang menyediakan penyimpanan komputasi (cloud computing) yang di tawarkan oleh pihak ketiga.

Dengan menggunakan layanan ini, infrastruktur organisasi apapun yang menggunakan layanan IT akan di handle oleh pihak ketiga termasuk pihak yang melakukan maintenance jika terjadi masalah pada sistem tersebut.

Memanfaatkan cloud computing dengan Jagoan Cloud

Dari manfaat yang sudah di jelaskan sebelumnya, kamu tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan cloud computing, Sob!

Kabar baiknya, jika kamu membutuhkan infrastruktur seperti VPS, kamu bisa memanfaatkan Jagoan Cloud untuk menunjang performa bisnismu.

Eits, kamu tidak perlu khawatir soal maintenance dan pengelolaannya, sebab hal ini sudah di handle oleh Managed VPS Platform.

Tidak hanya itu, layanan Jagoan Cloud juga di lengkapi fitur lainnya untuk memaksimalkan performa dan memenuhi kebutuhanmu. Diantaranya, terdapat instant cloning, docker hub, out of memory killer, multiple IP public, build in monitoring, dan juga keamanan data transaksi dengan SSL.

Baca Juga: Kelebihan Cloud Storage untuk Bisnis

Penerbit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.