karakteristik cloud computing

5 Karakteristik Cloud Computing dan Kelebihannya

Seiring dengan perkembangan teknologi di dunia komputer muncul karakteristik cloud computing yang mungkin belum diketahui banyak orang. Perkembangan teknologi yang semakin modern membuat pemakaian cloud computing semakin dibutuhkan banyak pihak.

Pertimbangan dalam menggunakan cloud computing biasa dimanfaatkan untuk beberapa sektor antara lain pendidikan, bisnis, penyimpanan pribadi, dll. Pemakaian cloud computing sudah menjadi hal umum karena mempunyai banyak kelebihan.

Jika melihat era digital sekarang, hampir semua aktivitas manusia bisa dibantu dengan adanya internet. Tidak heran apabila banyak aktivitas bisa dilakukan dari dalam rumah tanpa harus mengalami kendala apapun.

Begitu pula dengan penemuan cloud computing yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan teknologi komputer. Mungkin bagi orang awam menganggap alat ini biasa saja, padahal penyimpanan komputasi sangat berguna.

Sebelum mengetahui beberapa macam karakteristik dari komputasi, ada baiknya kamu untuk melihat pengertian penyimpanan komputasi. Tenang saja karena kami sudah merangkum secara lengkap mengenai karakteristik penyimpanan ini spesial untuk kamu.

Banyak ditemui pengguna cloud computing tidak lain karena menghadirkan banyak manfaat secara langsung. Jangan sampai ketinggalan dengan penjelasan yang akan kami berikan lewat ulasan di bawah ini.

Yuk kenali pengertian dari penyimpanan komputasi yang dapat menambah wawasan kamu mengenai teknologi penting dalam komputer. Simaklah isi ulasan Jagoan Cloud mengenai cloud computing berikut sampai akhir agar paham menggunakannya.

Sebelum Lanjut Baca Dulu: Jenis-Jenis Cloud Computing yang Perlu Kamu Tahu

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing?

Secara sederhana, cloud computing atau komputasi awan merupakan metode penyampaian yang mengandalkan internet. Sumber bahan untuk bisa menjalankan cloud computing antara lain seperti server, database, data, perangkat lunak, dan jaringan.

Karakteristik cloud computing sendiri lebih unggul di bandingkan kamu menyimpan data-data melalui hard drive maupun penyimpanan lokal. Hal ini di sebabkan karena cloud computing memungkinkan bahwa pengguna bisa menyimpan file secara fleksibel.

Penyimpanan file dapat di lakukan ketika kamu memiliki akses ke dalam koneksi internet tanpa ada sebuah kendala apapun. Hal itu membuat komputasi awan lebih unggul di bandingkan hard drive dan penyimpanan internal.

Cloud computing menjadi opsi populer sebab memberikan banyak keuntungan yang akan kami jelaskan nanti. Penyimpanan di dalam database tertentu dengan terhubung ke internet membuat keamanan juga lebih terjamin.

Bahkan kamu tidak perlu ribet lagi setelah paham fungsi penyimpanan computing. Baik pengguna komputer maupun smartphone bisa memanfaatkan alat modern seperti penyimpanan komputasi dengan mudah.

Istilah cloud computing berawal dari akses remot di awan atau bisa disebut ruangan virtual. Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang telah menyediakan layanan cloud supaya para pengguna bisa menyimpan file.

File dan aplikasi bisa di simpan dari server jarak jauh melalui cloud computing asalkan memiliki jaringan internet. Pengguna tidak perlu berada di tempat tertentu jika ingin mendapatkan akses file-file yang tersimpan.

5 Macam Karakteristik Cloud Computing

karakteristik cloud computing

Cloud computing mampu memanfaatkan beragam elemen meliputi ketahanan, efisiensi biaya, agility, skala, orientasi layanan, dll menjadi satu. Seluruh elemen tersebut tergabung menjadi lima karakteristik penyimpanan komputasi yang di gunakan sampai sekarang.

1. Broad Network Access

Karakteristik pertama ada ketersediaan kapabilitas dengan memanfaatkan jaringan dan aksebilitas lewat mekanisme standar. Broad network access mampu mendorong konsumen melalui beragam platform seperti HP, PC, hingga laptop.

2. On Demand Self-Service

Macam kedua berguna sebagai tempat penyediaan kapabilitas komputasi yang di jalankan secara sepihak. Contohnya seperti penyimpanan jaringan serta waktu server di layani oleh pengguna paling akhir atau biasa di sebut dengan end user.

Jadi, on demand self-service tidak perlu interaksi seorang manusia terhadap setiap jenis layanan yang ada. Semua berjalan secara otomatis dan smart dengan sistem canggih melancarkan pemakaian cloud computing online.

3. Rapid Elasticity

Karakteristik berikutnya ada rapid elasticity yaitu penyediaan kapabilitas secara elastis dan cepat. Fungsi dari rapid elasticity adaah untuk meningkatkan sekaligus menurunkan sumber daya hanya dalam kurun waktu singkat.

4. Resource Pooling

Lalu terdapat karakteristik resource pooling yang berguna sebagai pengumpulan sumber daya komputasi. Resource pooling sendiri berguna untuk melayani banyak konsumen dalam memakai model multi-penyewa memakai sumber daya fisik dan virtual.

Sumber daya virtual maupun fisik akan berbeda dari yang telah di tetapkan kembali berdasarkan oleh permintaan. Belum selesai, mengingat masih ada satu karakteristik penting dalam penyimpanan komputasi awan.

5. Measured Service

Karakteristik Measured service ini termasuk dalam computing sebagai sumber daya yang di optimalkan dengan otomatis. Measured service di akses memanfaatkan kapabilitas pengukuran pada beberapa abstraksi sesuai dengan layanan jenis-jenis layanan.

Sebagai contoh measured service berguna dalam penyimpanan, bandwith, pemrosesan, serta akun pengguna yang aktif. Lima karakteristik cloud computing tersebut berfungsi untuk meningkatkan dan mengoptimalisasi kinerja penyimpanan cloud computing agar lebih maksimal.

Kenal Lebih Jauh dengan Komputasi Awan

Cloud computing adalah penyimpanan file yang bisa di pakai secara online memanfaatkan jaringan internet. Seiring waktu berjalan, banyak individu atau perusahaan membutuhkan penyimpanan komputasi awan sebagai tempat menyimpan file yang aman.

Penggunaan cloud computing dapat bersifat privasi atau publik, tergantung dari kebutuhan para pengguna. Kalau di perusahaan, cloud computing selalu di gunakan secara publik namun masih dalam lingkungan kerja karyawan.

Umumnya penyimpanan computing di gunakan untuk menyimpan pekerjaan secara online yang lebih mudah dan fleksibel. Jika kamu memilih layanan publik pada penyimpanan komputasi maka hanya bisa di akses di internet.

Sedangkan untuk private cloud akan dapat di akses pada orang-orang tertentu. Bahkan cloud computing ada yang berjenis hybrid yaitu campuran antara public dan private guna memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Apabila kamu ingin memakai layanan cloud computing, ada baiknya untuk memahami konsep dasar penyimpanan awan. Pemahaman konsep dasar cloud computing perlu di ketahui demi memudahkan pengguna memanfaatkan kemajuan teknologi modern tersebut.

Konsep Dasar Penyimpanan Cloud Computing

Penggunaan penyimpanan komputasi awan semakin banyak di butuhkan oleh individu, kelompok, atau organisasi tertentu. Hal tersebut di karenakan ada banyak keuntungan selama kamu menggunakan cloud computing secara tepat mulai dari sejak dini.

Setelah paham karakteristik cloud computing secara singkat, selanjutnya ada konsep dasar yang perlu di ketahui dari kinerja alat tersebut. Komputasi awan atau biasa di sebut sebagai cloud computing mengacu paradigma dalam teknologi informasi.

Hal tersebut di buktikan dengan adanya komponen perangkat keras serta perangkat lunak di outsourcing ke dalam sistem luar infrastruktur pada IT in-house. Oleh karena itulah, cloud computing dapat di gunakan melakukan beberapa aktivitas.

Cloud computing dapat di gunakan pengguna mulai dari akses, mengedit, serta membagi data pada sumber daya terdistribusi berbentuk awan. Agar lebih paham mengenai cloud computing, sebaiknya kenali cara kerjanya secara lengkap.

Cloud computing sejatinya mirip dengan komputer pribadi, yaitu menggunakan tiga komponen penting mulai dari server, software, dan sistem operasi. Ketiga komponen utama akan di dukung pakai koneksi internet agar bisa di akses.

Jika di ibaratkan CPU komputer, cloud computing terdiri dari komponen server yang berisi seperti RAM, prosesor, dan harddisk. Cloud computing telah menyediakan seluruh komponen tersebut dalam satu sistem server.

Penyedia cloud computing akan membagikan dan melayani para pengguna sesuai sumber daya yang di pilih. Hampir semua cloud computing selalu melakukan pembagian layanan secara virtualisasi karena tanpa memerlukan kontak fisik langsung.

Kinerja server membutuhkan sistem operasi Windows maupun Linux pada komputer, namun tanpa perlu menginstal sendiri. Menarik bukan? Kamu akan di untungkan selama menggunakan layanan penyimpanan komputasi awan secara jangka panjang.

Melihat cara kerja cloud computing yaitu bisa di ketahui pada SaaS, yaitu penyedia layanan telah mengatur semua infrastruktur termasuk pemakaian software. Pengguna tinggal mengakses tanpa harus ribet dan di jamin anti kendala.

Karakteristik Komputasi Awan Menurut Para Ahli

Cloud computing tidak mengharuskan komputer melakukan beban kerja selama aplikasi sedang di akses. Mengingat jaringan dari komputasi ini membentuk awan yang mampu menangani hal tersebut sebagai gantinya dengan lancar.

Penggunaan komputasi awan membuat kebutuhan hardware dan software para pengguna cenderung menurun. Mengingat data di simpan di dalam server bersifat permanen sehingga bisa di akses kapan saja dan di manapun memanfaatkan internet.

Ada karakteristik dari penyimpanan komputasi awan menurut para ahli yang perlu kamu ketahui sejak dini. Tanpa berlama-lama, inilah karakteristik dari komputasi awan menurut beberapa ahli yang bisa di ketahui dengan mudah.

1. Menurut Laudon dan Loudon (2015)

Karakteristik cloud computing satu ini adalah suatu model komputasi, di mana aktivitas pemrosesan, perangkat lunak, penyimpanan, serta layanan lain di sediakan secara virtual. Di maksud layanan virtual yaitu menggunakan suatu jaringan berupa internet.

Kemudian sumber daya yang di pakai komputasi awan dapat di akses berdasarkan kebutuhan perangkat apapun saat terhubung. Menurut mereka, sumber daya cloud computing juga tersebar merata di manapun jenis perangkat pengguna.

2. Menurut Bradshaw dkk. (2010)

Menurut ahli Bradshaw dkk. pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa karakteristik komputasi awan adalah sebuah model pengembangan, penyebaran, serta penyampaian informasi. Aktivitas tersebut memungkinkan untuk mengirim layanan, produk, serta solusi.

Dalam aktivitas di komputasi awan dapat di jalani secara real time melalui internet yang mudah di akses semua perangkat. Cloud atau awan sebagai metafora internet menjadi diagram jaringan komputer.

Pada komputasi awan ada kombinasi abstraksi dan infrastruktur kompleks di sembunyikan. Metode komputasi teknologi informasi layanan canggih sehingga pengguna bisa mengakses pakai internet pada cloud tanpa mengetahui yang ada di dalamnya.

Kelebihan Memakai Layanan Cloud Computing

Memahami sebuah karakteristik cloud computing dari beberapa ahli tentu saja akan meningkatkan wawasan kamu. Agar lebih lengkap, sebaiknya ketahui juga kelebihan selama kamu menggunakan layanan komputasi awan mulai sejak dini.

Jumlah ancaman internal dan eksternal jika di pelihara sendiri cenderung lebih tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa memakai layanan penyimpanan komputasi awan dengan jaminan perlindungan terbaik terhadap file yang di simpan.

Layanan komputasi memiliki kelebihan lain yaitu ada pengurangan downtime atau kehilangan konektivitas yang umumnya di sebabkan manusia. Untuk meminimalisir kendala, solusinya menggunakan komputasi awan yang sudah teruji berfungsi secara optimal.

Kelebihan memakai penyimpanan komputasi awan berikutnya adalah bisa memenuhi kebutuhan cloud. Kamu dapat menyesuaikan kebutuhan cloud mulai dari ukuran kecil sampai besar dan bahkan tidak terbatas tanpa berwujud fisik.

Biaya terjangkau juga menjadi kelebihan penggunaan cloud computing yang ada di era sekarang. Kamu hanya perlu satu komputasi awan untuk mendapatkan banyak layanan sesuai keinginan guna kepentingan individu maupun perusahaan.

Setelah paham tentang karakteristik dari komputasi awan, kini kamu tidak perlu cemas dan ragu jika ingin memanfaatkan layanan tersebut. Jika kamu membutuhkan infrastruktur seperti VPS dapat memanfaatkan layanan Jagoan Cloud.Jagoan Cloud siap membantu meningkatkan performa bisnismu agar semakin berkembang dan maju. Melihat karakteristik cloud computing cukup beragam, gunakan layanan terpercaya dari Jagoan Cloud untuk menikmati banyak fitur menarik.

Penerbit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.