kelebihan cloud storage

7 Kelebihan Cloud Storage untuk Bisnis

Kelebihan cloud storage adalah hal yang perlu sekali kita ketahui. Di tengah-tengah zaman yang semakin maju ini tentunya banyak sekali otomasi dan juga teknologi-teknologi baru yang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya adalah teknologi yang ada pada cloud storage. Jika kamu benar-benar bisa memanfaatkan teknologi ini, manfaat yang bisa kamu dapatkan tidak tanggung-tanggung, loh.

Sebelum kita masuk ke pembahasan, mari kita kupas dahulu apa itu cloud storage. Pengertian cloud storage adalah sebuah sistem penyimpanan data yang menggunakan basis online dan digital. Penyimpanan jenis ini menggunakan internet untuk setiap prosesnya baik proses penyimpanan atau mengakses datanya. Seperti namanya, cloud di artikan bentuk penyimpanan datanya tidak bisa di pegang secara fisik seperti layaknya awan.

Sejauh ini apakah kamu masih bingung dengan bentuk penyimpanan cloud storage? Jika masih bingung mari kita bahas beberapa perbedaan cloud storage dengan beberapa jenis teknologi lain yang serupa.

Perbedaan Cloud Computing dan Cloud Storage

Teknologi pertama yang akan kita bahas adalah cloud computing. Antara cloud computing dengan cloud storage sama-sama memiliki kata cloud di dalam namanya. Sehingga dapat diartikan jika keduanya memiliki jenis yang sama yaitu berbasis online atau digital. Yang membuat keduanya berbeda adalah dari kata kedua di setiap nama teknologi ini, computing dan storage. Jadi, apa perbedaan cloud computing dan cloud storage?

Cloud computing adalah sistem pengelolaan sumber daya komputer yang dilakukan secara cloud. Sumber daya yang dimaksud seperti CPU, RAM, network atau koneksi internet, disk storage, dan lain sebagainya. Dalam artian pengguna teknologi ini akan memiliki sebuah perangkat komputer dalam bentuk awan atau digital yang dapat dimanfaatkan selayaknya komputer dalam bentuk fisik yang banyak dijumpai dimana-mana. Sama seperti cloud storage, teknologi ini menggunakan basis digital yang mana syarat utama untuk menggunakannya adalah pastikan kamu memiliki koneksi internet.

Selanjutnya, apa saja perbedaan cloud computing dan cloud storage?

Komponen

Perbedaan pertama cloud computing dan cloud storage ada pada komponen layanan yang disediakan. Seperti pada pengertiannya, cloud computing adalah sebuah komputer dalam bentuk cloud. Sehingga komponen yang ada pada layanan cloud computing lebih banyak contohnya adalah CPU, RAM, disk storage, network atau koneksi internet, OS, software atau aplikasi, dan banyak lagi lainnya. Sedangkan pada cloud storage hanya berfokus pada satu komponen yaitu komponen disk storage atau media penyimpanan.

Interface

Pada layanan cloud computing biasanya penyedia layanan hanya menyediakan CLI atau command line interface yang dapat di gunakan oleh user untuk melakukan management dan konfigurasi. Bagi beberapa user tampilan CLI ini akan lebih menyulitkan dikarenakan untuk mengoperasikan tampilan ini user harus menguasai perintah-perintah apa saja untuk menjalankan fungsi yang diinginkan. Untuk itu jika ingin menggunakan tampilan yang mudah berupa GUI atau graphical user interface maka user perlu melakukan instalasi secara terpisah.

Berbeda halnya dengan layanan cloud storage. Pada layanan ini biasanya penyedia sudah menyediakan aplikasi dengan tampilan yang lebih user friendly. Banyak fitur-fitur yang telah disediakan untuk mempermudah user dalam melakukan pengelolaan data yang di simpan di dalam layanan cloud storagenya.

Pengelolaan

Sehubungan dengan perbedaan pada point pertama dan kedua, cloud computing dan cloud storage memiliki bentuk pengelolaan layanan yang berbeda. Seperti yang di bahas di point perbedaan pertama, cloud computing memiliki komponen yang lebih banyak sehingga membuat cloud computing lebih rumit untuk di kelola karena ada banyak komponen yang harus sama sama di kelola dengan optimal supaya bisa di gunakan dengan lebih maksimal.

Sedangkan untuk layanan cloud storage hanya memiliki satu komponen yaitu disk storage sehingga pengelolaannya lebih mudah untuk dimanfaatkan oleh user. Hal ini juga di dukung dari aplikasi yang disediakan oleh penyedia layanan cloud storage yang akan sangat mempermudah dalam pengolahan data seperti mengunggah data, melihat/membaca data, memindahkan data, hingga mengunduh data ke komputer pribadi.

Penggunaan

Dengan adanya perbedaan komponen yang kita bahas pada point pertama. Cloud computing memiliki komponen yang lebih banyak jumlahnya dan setiap komponen bisa di optimalkan dengan konfigurasi yang berbeda-beda. Apabila setiap komponen memiliki konfigurasi yang optimal akan membuat kinerja layanan semakin maksimal lagi. Untuk itu pemanfaatan komponen ini akan sangat cocok untuk di gunakan pada kebutuhan lebih lanjut yang lebih besar seperti di level bisnis atau korporat.

Sedangkan untuk layanan cloud storage hanya memanfaatkan satu komponen saja yaitu disk storage atau media penyimpanan yang memberikan banyak kemudahan dalam mengakses dan menyimpan data. Sehingga layanan cloud storage lebih cocok di gunakan untuk penggunaan yang lebih kecil seperti penggunaan pribadi atau sekelompok user.

Perbedaan Cloud Storage dan Penyimpanan Fisik

Selanjutnya teknologi kedua yang akan kita bahas adalah teknologi penyimpanan fisik. Terdapat perbedaan signifikan antara cloud storage dengan penyimpanan fisik. Lalu apa saja perbedaan signifikan itu? Mari kita bahas.

Akses Data

Bagi pengguna layanan cloud storage user bisa mengakses data dengan mengandalkan koneksi internet. Selama koneksi internet yang di miliki memadai maka user bisa dengan mudah mengakses data yang di miliki. Sedangkan untuk jenis penyimpanan fisik user memerlukan media tambahan untuk mengakses datanya contohnya seperti flashdisk yang di akses melalui laptop atau komputer.

Biaya Akses Data

Dalam mengakses data yang telah disimpan terdapat berbedaan antara dua jenis teknologi ini. Pada cloud storage biaya akan timbul untuk membayar koneksi internet yang merupakan komponen utama dalam mengakses data. Sedangkan untuk penyimpanan fisik user perlu menyiapkan biaya yang lebih besar karena hal-hal yang di perlukan juga lebih banyak. Hal-hal tersebut contohnya biaya untuk media penyimpanan fisik seperti flashdisk dan harddisk.

Memperbesar Kapasitas

Biasanya penyedia layanan cloud storage akan memberikan penyimpanan beberapa GB secara cuma-cuma yang bisa di manfaatkan dengan maksimal. Namun jika user perlu untuk memperbesar kapasitas akan ada dua metode. Metode pertama dengan melakukan proses upgrade kapasitas secara resmi kepada penyedia layanan cloud storage. Metode kedua adalah dengan membuat akun baru supaya mendapatkan penyimpanan beberapa GB yang di berikan secara gratis untuk pengguna reguler.

Sedangkan pada penyimpanan fisik akan lebih rumit untuk memperbesar kapasitas. Pada hal ini user perlu untuk melakukan pembelian perangkat penyimpanan baru sesuai dengan penambahan kapasitas yang di inginkan. Di samping itu juga akan ada proses tambahan jika user ingin mengintegrasikan perangkat penyimpanan yang lama dan yang baru.

Akses Multi-user

Perbedaan lainnya berada pada faktor akses multi-user pada data yang di miliki. Yang di maksud dengan akses multi-user adalah kemampuan untuk beberapa user mengakses data yang sama secara bersamaan dalam satu waktu bersamaan maupun tidak. Pada faktor ini cloud storage lebih unggul. Selama user yang akan mengakses memiliki izin untuk mengakses data dan juga memiliki koneksi internet maka hal ini dapat di lakukan dengan mudah.

Sebaliknya pada penyimpanan fisik hal ini tidak dapat di lakukan karena setiap data hanya bisa di akses secara aktual pada satu perangkat. Multi-user dapat memungkinkan pada penyimpanan fisik hanya jika data di salin secara manual. Sedangkan perlu di ketahui juga jika proses salin data memakan waktu lebih lama sesuai dengan besar data yang akan di akses. Semakin besar data yang di salin akan semakin lama pula waktu yang di perlukan untuk melakukan penyalinan data.

Kelebihan Cloud Storage

Bagaimana, apakah kamu sudah cukup paham dengan perbedaan antara cloud storage dengan teknologi lain yang serupa? Pada pembahasan beberapa perbedaan cloud storage dengan teknologi lain mungkin sudah cukup memberikan gambaran tentang kelebihan dari cloud storage. Namun semua kelebihan itu akan kita rangkum dan jelaskan lebih detail. Mari simak kelebihan cloud storage di bawah ini.

Kemudahan Kontrol

Kelebihan cloud storage yang pertama adalah teknologi ini memberikan kemudahan pasti untuk mengontrol dan mengelola data yang di miliki. Biasanya penyedia layanan cloud storage sudah menyediakan media kontrol berupa aplikasi yang sudah di lengkapi dengan banyak fitur. Fitur-fitur ini yang akan mempermudah user dalam melakukan banyak hal pada layanan cloud storage. Contoh fitur yang di sediakan seperti fitur untuk memindahkan data ke folder lain, membagikan data dengan user lain, dan banyak lagi lainnya.

Minim Biaya

Sesuai dengan pengertian cloud storage yang mana teknologi ini berbasis digital dan online. Sehingga untuk mengakses data yang di miliki kamu hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang memadai. Selain itu karena basisnya yang online dan digital membuat kamu tidak perlu menyiapkan perangkat fisik untuk penyimpanan seperti flashdisk atau harddisk. Ini juga akan menekan biaya yang perlu di keluarkan karena tidak perlu membeli perangkat baru. 

Perlu kamu ketahui bahwa setiap perangkat fisik membutuhkan perawatan dan pengecekan fisik secara berkala. Hal ini berfungsi untuk memastikan perangkat dalam kondisi yang masih optimal dan memungkinkan untuk terus di gunakan. Dengan basis online dan di gital kamu tidak perlu repot memikirkan tentang perangkat fisik dan juga perawatannya sehingga akan mengurangi biaya yang perlu di keluarkan.

Akses Mudah

Kemudahan akses adalah satu hal mutlak yang pasti di dapatkan juga menggunakan teknologi cloud storage. Cukup dengan satu syarat saja yaitu menyediakan koneksi internet yang memadai maka data akan dengan mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Tidak hanya itu, kemudahan akses ini juga didapatkan karena tidak terdapat batasan perangkat yang bisa mengakses. Segala jenis perangkat bisa mengakses data yang di miliki baik perangkat laptop, komputer, smartphone, tablet, dan lainnya selama perangkat terhubung dengan internet.

Data Lebih Aman

Dengan menggunakan layanan cloud storage kamu tidak perlu mengkhawatirkan keamanan data. Hal ini di karenakan penyedia layanan memiliki sistem keamanan berlapis untuk menjaga data yang di miliki dari serangan fisik maupun serangan non-fisik. Namun seperti peribahasa “sedia payung sebelum hujan” untuk menghindari hal yang tidak di inginkan kamu harus melakukan tindakan keamanan dari dirimu sendiri.

Media Backup

Sehubungan dengan tindakan keamanan yang di bahas pada point sebelumnya. Meskipun setiap teknologi biasanya telah di lengkapi dengan sistem keamanan namun alangkah baiknya jika di lakukan tindakan keamanan pribadi. Salah satu bentuk tindakan keamanan tersebut adalah dengan membuat backup. Backup adalah sebuah salinan data dari data asli yang di letakkan di lokasi yang berbeda dengan data asli.

Pada saat ini cloud storage menjadi salah satu opsi yang banyak sekali di gunakan untuk menyimpan data backup. Dengan keamanan dan kemudahan akses data membuat banyak pengguna mempercayakan penyimpanan data backup mereka pada teknologi cloud storage ini.

Kemudahan Berbagi Akses

Kelebihan cloud storage lainnya yang cukup berguna adalah kemudahan dalam berbagi akses untuk user lain. Hal ini bisa di sebut juga dengan multi-user seperti yang kita bahas sebelumnya di atas. Cloud storage memberikan kemudahan untuk penggunanya dalam berbagi akses dengan user lain. Hal ini membuat banyak user dapat mengakses data yang di miliki dalam satu waktu bersamaan. Tentunya akan sangat memudahkan dalam pekerjaan tim ya.

Dalam penggunaan fitur ini pengguna akan mendapatkan link atau url untuk mengakses data yang di miliki. Dengan basis online pengguna lainnya akan lebih mudah mengakses data tersebut selama memiliki akses internet. Bagi pengguna pemilik data pun akan mendapatkan kemudahan dalam mengatur siapa saja yang bisa mengakses data tersebut. Tentunya hal ini yang membuat keamanan dan privasi data lebih terjaga.

Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah di ketahui jika cloud storage menggunakan basis online dan digital. Sehingga pengguna tidak perlu menyiapkan perangkat penyimpanan fisik seperti flashdisk atau harddisk. Perangkat-perangkat fisik seperti ini yang akan menjadi limbah elektronik jika sudah tidak di gunakan. Tahukah kamu jika di Indonesia sudah limbah elektronik sudah mencapai jumlah sekitar 1800 kiloton pada 2020? Banyak sekali bukan jumlahnya.

Dengan menggunakan cloud storage kamu akan berkontribusi untuk mengurangi penggunaan perangkat fisik dan tentunya akan berkontribusi juga dalam mengurangi limbah elektronik yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Dengan itu cloud storage di anggap teknologi yang ramah lingkungan dan bisa jadi menjadi teknologi yang akan di gunakan seterusnya di masa depan.

Kekurangan Cloud Storage

Menggiurkan sekali bukan kelebihan cloud storage. Kamu sudah memutuskan untuk menggunakan teknologi cloud storage? Tunggu dulu, sebelumnya kamu juga harus mengetahui kekurangan cloud storage. Tentu saja tujuannya supaya kamu lebih yakin sebelum menggunakan teknologi ini. Jadi mari kita bahas kekurangan dari cloud storage.

Tergantung Koneksi

Seperti yang sudah kita ketahui karena cloud storage berbasis online dan digital membuat akses datanya dilakukan melalui internet. Hal ini bisa menjadi kelebihan karena akan memudahkan setiap pengguna. Namun perlu di ketahui juga jika hal ini juga bisa menjadi kekurangan karena pengguna akan sangat bergantung pada koneksi internet. Kamu harus memastikan koneksi internet yang di gunakan memadai dan stabil sebelum mengakses data yang di miliki.

Di samping menjadi kelebihan, hal ini bisa berbalik menjadi kekurangan jika koneksi internet yang ada dalam kondisi tidak stabil. Di indonesia sendiri ada beberapa daerah yang kondisi sinyal dan koneksi internetnya masih belum baik dan bahkan belum terjamah sinyal. Ini akan menyulitkan untuk mengakses data pada cloud storage jika kamu berada di daerah blank spot sinyal dan koneksi internet.

Fitur Lengkap Berbayar

Beberapa penyedia layanan cloud storage menyediakan dua versi layanan yang di sediakan yaitu versi gratis dan juga versi berbayar. Untuk penggunaan awal kamu bisa menggunakan versi gratis terlebih dahulu. Pada versi ini di berikan penyimpanan terbatas dan beberapa fitur dasar yang bisa di gunakan.

Versi kedua yang di sediakan oleh penyedia layanan cloud storage adalah versi berbayar. Pada versi ini pengguna akan mendapatkan penyimpanan yang lebih besar untuk di gunakan dan juga beberapa fitur tambahan yang bisa jadi sangat berguna dan memudahkan dalam mengelola data.

Potensi Serangan

Penyedia layanan cloud storage biasanya telah menyediakan sistem keamanan berlapis untuk melindungi data pengguna dari serangan. Namun perlu di ketahui jika keamanan tidak hanya perlu di lakukan dari satu sisi saja. Sistem keamanan perlu di lakukan dari banyak sisi termasuk dari sisi pengguna. Beberapa kasusnya celah keamanan muncul karena keteledoran pengguna cloud storage sendiri. Misalnya pengguna secara tidak sengaja meninggalkan akses atau membagikan akses seperti user dan password yang dapat di manfaatkan pengguna tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan.

Tertarik Dengan Cloud Storage?

Cukup banyak yang sudah kita bahas di artikel kali ini. Tentunya kamu pasti sudah cukup memahami tentang pengertian, kelebihan, kekurangan, hingga perbedaan dengan layanan dan teknologi lain dengan layanan cloud storage. Jika kamu tertarik dengan penggunaan teknologi ini pastikan kamu sudah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari cloud storage dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kelebihan cloud storage tentunya menarik dan menggiurkan sekali, ya. Sudah menentukan akan menggunakan cloud storage namun masih bingung mencari penyedia layanan cloud storage? Tidak perlu repot-repot mencari, kamu bisa gunakan layanan yang di sediakan Jagoan Cloud untuk membangun server cloud storagemu. Dengan sistem pricing yang fleksibel membuatmu lebih mudah untuk menyesuaikan budget. Nikmati layanan terbaik dan paling mudah dengan Jagoan Cloud!

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Penerbit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.