kelebihan dan kekurangan moodle

Kelebihan dan Kekurangan Moodle serta Fitur di Dalamnya

Mempelajari kelebihan dan kekurangan moodle jadi modal utama sebelum menggunakannya. Moodle merupakan salah satu Learning Management System yang paling umum di gunakan. Platform ini tidak hanya di manfaatkan institusi pendidikan, tapi juga perusahaan untuk membuat sistem training atau pembelajaran bagi karyawan.

Moodle memiliki fitur lengkap. Melalui platform ini, Anda bisa menghadirkan materi pembelajaran komprehensif, membuat penilaian, membuat sistem peringkat, melacak progress belajar, melihat report, analisis hasil pembelajaran dan sebagainya. 

Apa itu Moodle?

Sebelum mempelajari kelebihan dan kekurangan Moodle perlu di gali mengenai platform itu sendiri. Fasilitas ini adalah platform bersifat web-based, biasa di gunakan dalam keperluan e-learning. Dibuat khusus sebagai sebuah sistem pembelajaran online efektif.

Moodle atau Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment di khususkan untuk membuat aplikasi belajar online yang dinamis. Mulai di kembangkan tahun 1970 namun baru rilis tahun 2002. 

Dirancang oleh Martin Dougiamas, platform merupakan open source dan bisa di gunakan secara gratis. Menjadi solusi cara belajar mengajar murah tapi tetap efektif. Pada penerapannya tidak hanya di gunakan sekolah namun juga perusahaan besar salah satunya adalah Shell. 

Mempelajari apa itu Moodle cakupannya cukup luas. Terdapat tiga versi untuk Anda gunakan. Yaitu Moodle.org, Moodle.com, dan Moodlecloud.com. Ketiganya tentu memiliki karakteristik berbeda, berikut penjelasannya. 

1. Moodle.org

Versi ini merupakan komunitas bagi pengguna. Adanya forum support memungkinkan setiap pengguna mendapat solusi atas suatu kendala. Selain itu, Anda bisa mengunduh code dan plugin pada website ini. 

2. Moodle.com

Merupakan versi komersial dimana Anda akan menemukan berbagai penawaran produk seperti LMS, App, Workplace, dan banyak lagi. Ada juga versi Partner untuk mencari ahli dalam melakukan training, hosting, hingga implementasinya. Ini salah satu yang ada dalam kelebihan dan kekurangan Moodle. 

3. MoodleCloud.com

Versi paling di favoritkan sebab pengguna bisa membangun sendiri situs belajar online secara gratis. Materi pembelajaran juga akan mudah di akses karena disimpan dalam server. 

Kelebihan Moodle yang Wajib Anda Ketahui

Banyak kelebihan menjadikan platform ini sebagai pembelajaran yang layak di gunakan. Sebagai pertimbangan, berikut beberapa di antaranya. 

1. Gratis

Anda dapat mendownload aplikasinya tanpa harus membayar lisensi khusus. Tidak hanya sebagai pengguna, Anda juga bisa mengembangkannya sendiri sesuai kemampuan. Ini salah satu poin penting kelebihan dan kekurangan Moodle. 

Tetapi jika ingin membangun kursus atau portal pembelajaran, setiap pengguna tetap harus mengeluarkan biaya. Yaitu untuk membuat website serta menyiapkan berbagai materi pembelajarannya. 

2. Mudah Digunakan

Siapa saja bisa menggunakan aplikasi tanpa perlu mempelajarinya dalam waktu yang lama. Baik sebagai tenaga pengajar, administrator maupun murid. Kemudahan tersebut terutama dapat di dukung oleh tiga hal berikut:

  • Fitur drag-and-drop lebih memudahkan dalam membuat materi belajar.
  • Antarmuka intuitif, sangat membantu memahami penggunaan aplikasi lebih cepat.
  • Dokumentasi lengkap di tambah tutorial yang banyak di buat oleh komunitas penggunanya.

3. Fleksibel

Platform dengan segala kelebihan dan kekurangan Moodle ini mendukung semua skala pembelajaran. Mulai dari kelas kecil terdiri dari beberapa orang saja, hingga portal pembelajaran ribuan orang seperti di perusahaan dan sekolah. 

Kondisi ini kian memungkinkan pengguna untuk membuat kelas pembelajaran sendiri. Bisa dimulai dari skala kecil materi terbatas dulu. Jika sukses, bisa di tingkatkan perlahan untuk audiens yang lebih banyak. 

4. Aman

Kelebihan Moodle lainnya adalah dari sisi keamanan. Update yang secara rutin dilakukan bertujuan menjamin keamanan pengguna. Baik dari kehilangan data berupa materi belajar maupun pencegahan pencurian data pribadi saat mengakses sistem. 

5. Terintegrasi

Dapat di gunakan untuk membangun sebuah sistem pembelajaran online terintegrasi. Sebab platform ini di bekali fitur external collaborative tools. Setiap pengguna dapat melengkapi kursus online dengan halaman wiki, forum, hingga blog dengan mudah. 

Kekurangan Moodle yang Perlu Diperhatikan

Secara garis besar platform digital ini bisa menjadi solusi tepat untuk interaksi jarak jauh yang berkenaan dengan aktivitas komunitas. Namun platform ini tidak luput dari kekurangan, di antaranya:

  1. Membutuhkan orang berpengalaman untuk mengoperasikannya. Hal ini erat kaitannya dengan berbagai sistem yang ada pada aplikasi. Ini jadi kelebihan dan kekurangan Moodle yang harus di pertimbangkan calon pengguna. 
  2. Meski bisa di akses menggunakan PC dan smartphone, platform membutuhkan hardware mumpuni. Tentunya ada biaya tambahan yang harus di keluarkan untuk bisa menggunakannya secara optimal.
  3. Sangat ketergantungan dengan orang yang ahli dalam bidang teknologi di mana kelebihan dan kekurangan Moodle bisa di kuasai. Meski pelatihan pengguna bisa di lakukan secara singkat, tetap saja perlu administrator untuk membangun sistem e-learning.
  4. Membutuhkan pemahaman lebih tentang sistem yang ada serta cara menggunakannya. Dalam hal ini di perlukan tenaga ahli IT bertugas sebagai administrator untuk memaintenance dan juga membangun sistem e-learning yang kompleks.

Kekurangan moodle di atas sebetulnya sangat mudah di temukan solusinya. Apalagi saat ini sebagian besar masyarakat melek teknologi dan gadget, tidak sulit mencari orang berkompeten menjalankannya. 

Apa Saja Fitur Moodle?

Platform digital ini memiliki banyak sekali fitur yang di perlukan untuk membangun e-learning Anda. Dari semua yang ada pada saat Anda membuka aplikasinya, bisa mendukung pengembangan e-learning. Berikut di antaranya.

1. Personalized Dashboard

Salah satu fitur terbaik yang di sediakan adalah dashboard intuitif dan terintegrasi. Semua data informasi penting dapat di akses langsung dari homepage web tersebut. Daftar kursus, kalender kegiatan, pengguna online, hingga pengumuman umum. Dasboard ini bisa di kustomisasi sesuai hak akses yang dimiliki masing-masing guru, siswa, administrator.

2. File Management

Fitur Moodle selanjutnya adalah file management. Membuat materi pelajaran atau ujian, setiap pengguna dapat dengan mudah menambahkan file baru ke dalamnya. Cukup dengan drag-and-drop, file otomatis menjadi bagian kursus Anda. Bisa juga menambahkan resource materi kursus lain berupa sebuah file, folder atau alamat URL. 

3. Progress Tracking

Dalam kelebihan dan kekurangan Moodle progress tracking jadi salah satu perhatian. Sebab sulit memastikan kesuksesan sebuah proses pembelajaran tanpa di ikuti pengawasan yang baik. Ini jadi alasan untuk terus mengembangkan fitur tracking progress, meliputi:

  • Course completion. Setiap materi yang sudah di ikuti bisa di tandai secara manual atau otomatis, sehingga bisa di lanjutkan ke materi berikutnya.
  • Activity completion. Indikator penanda bahwa sebuah tugas telah selesai di kerjakan. Bisa secara manual atau otomatis. 
  • Grades. Penilaian sebuah tugas atau ujian yang telah di jalani. Grades ini bisa jadi kelebihan dan kekurangan Moodle penentu prestasi pengguna dalam hal ini siswa atau karyawan. 
  • Badges. Penghargaan kepada murid tertentu yang sudah menyelesaikan tugas atau materi kursus. 
  • Competencies. Pemberian peringkat sesuai kemampuan peserta pembelajaran.

Selain semua penilaian di atas, Moodle juga memiliki fitur Reports dan Analytics untuk mengetahui penjelasan dari setiap progress yang tercatat. 

4. Multimedia Integration

Fitur ini masuk dalam catatan kelebihan dan kekurangan Moodle. Merupakan pendekatan yang membuat pengalaman belajar menjadi tidak membosankan. 

Dukungan ini berupa fitur multimedia seperti audio, video, gambar berbagai format. Bahkan menggunakan media embedding dari YouTube atau Vimeo.

Setiap platform digital berjenis open source sangat mudah dan cepat mengalami perkembangan. Untuk lebih optimalnya, Anda bisa menggunakan versi paling baru. Sehingga kelebihan dan kekurangan Moodle bisa di maksimalkan dalam setiap tujuan penggunaan.

Tertarik menggunakan moodle? Jagoan Cloud menyediakan server ujian online dengan moodle sebagai solusi mengelola aplikasi sekolah digital jadi lebih mudah & hemat biaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.