Cloud Server adalah

Apa itu Cloud Server? Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya

Cloud Server adalah: Fungsi, Jenis dan Cara Kerjanya – JagoanCloud.com. Pernah kepikiran gak sih dari semua jenis pekerjaan yang kamu lakukan dan disimpan secara online dengan berbagai bentuk file itu, model penyimpanannya gimana ya ? Bener gak sih penyimpanannya itu aman ? Kan file online itu bisa diakses oleh banyak orang.

Ok stop, kalau kamu masih berpikiran kayak gini berarti kamu belum pernah kenalan atau bahkan tahu nih tentang Cloud Server. Udah waktunya sekarang kamu harus tahu evolusi teknologi sekarang dan selalu update dengan pantengin artikel-artikel baru dari Jagoan Cloud Sob.

Ini nih Sob pengertian tentang Cloud Server, kamu bisa simak artikel ini ya karena kita akan bagiin info-info menarik tentang doi.

Pengertian Cloud Server

Memasuki pembahasan artikel ini, dari kalimat cloud server aja kamu udah tahu kalau ada dua kata yang menggambarkan tentang doi kan ? Yak kamu bener, ada dua kata yaitu cloud dan server.

Cloud sendiri tergambarkan sebagai awan yang mana dalam dunia teknologi informasi dan komputasi adalah sebuah penyimpanan dengan basis online atau terhubung dengan internet dalam cloud computing.

Server adalah sebuah sistem yang bekerja dari komputer kamu untuk nantinya menyimpan data, karena basis dari server sendiri adalah berisikan informasi-informasi dengan beragam dokumen yang berguna untuk membuat suatu perintah dari komputer berjalan dan menyimpan data kamu Sob.

Simplenya, cloud server adalah sebuah perkembangan teknologi dalam menyimpan data atau file dengan cara online. Jadi kamu akan mudah banget kalau mau mencari filenya Sob, selain itu kalau kamu menggunakan layanan ini nantinya akan dapat keuntungan yang praktis, cepat dan tentunya resiko untuk keamanannya terjamin ya.

Jenis Cloud Server

Setelah mengenal dalam tentang cloud server, saatnya kamu tahu tentang jenis-jenisnya. Oh emang ada ya jenisnya ? Yah ada dong, makanya kamu simak terus ya.

Menjawab pertanyaan tentang sebenarnya apa aja sih jenis-jenis dari cloud server itu. Gini Sob, cloud server itu terbagi menjadi empat jenis, ada Hybrid, Public, Community, hingga yang private cloud.

Ok, kita jelasin dari awal satu-satu ya jenis cloudnya

1. Hybrid Cloud

ini merupakan sebuah teknologi yang terdiri dari dua cloud yaitu public dan private cloud. Jadi dari beberapa kumpulan informasi yang dapat diakses dengan dua cara yaitu data informasi terakses oleh publik atau umum menggunakan jaringan publik, sedangkan untuk informasi data milik pribadi hanya bisa kamu akses dengan menggunakan jaringan internal saja ya Sob, pastikan kalau kamu menggunakan ini harus tahu ya jaringan private ini.

2. Public Cloud

Public adalah sebuah metode penyimpanan semua data informasi kamu dengan cara tersimpan dalam public cloud server dan data tersebut dapat diakses dengan mudah oleh semua orang atau umum, seperti halnya dalam instagram dan aplikasi-aplikasi open source lainnya.

3. Community Cloud

Penyimpanan ini memiliki persamaan dengan private cloud Sob. Penyimpanan ini dapat diakses oleh komunitas atau anggota dari grup itu aja ya, karena didalam cloud ini akan berproses dengan cara mengolah data dengan sistem internal, jadi kamu bisa gunakan cloud ini hanya dengan grup kamu aja.

4. Private Cloud

Terlihat jelas dengan penamaan cloud ini. Kamu akan memiliki satu ruangan besar yang berguna untuk menyimpan data informasi kamu di server. Biasanya cloud ini sering dipilih oleh perusahaan untuk menjaga keamanan sistem yang mereka jalankan. Sisi plus dari cloud ini lebih terjaga data informasi yang kamu simpan daripada ketiga cloud server yang lain.

Setelah kamu tahu tentang macam-macam cloud server, udah ada pandangan dong kira-kira dari semua jenis cloud yang ada, sebenernya fungsinya gimana sih secara keseluruhan ? Yuk kita bahas.

Fungsi Cloud Server

Secara fungsi dari sistem penyimpanan online ini tentunya untuk media penyimpanan informasi data kamu baik pribadi maupun organisasi, terus ada juga semua software aplikasi yang kamu install sampai dengan data informasi dari website yang kamu miliki dan jalankan di hosting Sob.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkannya untuk memproses jalannya semua sistem aplikasi dan hosting kamu secara maksimal, jadi kamu ga akan kehabisan memori penyimpanan di hardware kamu.

Fungsi yang ketiga juga gak kalah bermanfaat banget kalau kamu gunain cloud server yaitu mem-backup data-data kamu yang terintegrasi dengan internet secara simple dan praktis, daripada menggunakan sistem penyimpanan fisik seperti hardisk ataupun pc kamu.

Next setelah sempet juga membahas tentang jenis-jenis dan fungsi dari cloud server. Kamu wajib tahu nih tentang perbedaan VPS dan Cloud Server.

Apa Perbedaan VPS dan Cloud Server ?

Nantinya fungsi server saat bekerja adalah sebagai penggerak semua perintah yang kamu jalankan dalam hosting kamu, jadi kalau server kamu mengalami down maka semua proses yang kamu perintahkan untuk berjalan di hosting akan mengalami kegagalan berproses. Selain perbedaan yang general ini, kita bahas lengkap yuk.

Mengenai perbedaan dari VPS maupun cloud server secara umum, terletak pada cara membagi bagian-bagian dari server Sob, sini aku jelasin lebih rinci biar kamu paham !

Perbedaan VPS dan Cloud ServerPerbedaan VPS dan Cloud Server
Apa sih perbedaannya ?Untuk penggunaan VPS, untuk pembagian server kamu akan mendapatkan berupa penyimpanan server fisik sebanyak satu server, lalu nantinya dari server ini bisa kamu bagi menjadi beberapa server online kedepannya.Sedangkan untuk cloud server, pembagian daripada penyimpanannya kebalikan dari VPS ya Sob. Jadi penyimpanan cloud server bekerja dengan gabungan dari beberapa server fisik menjadi sebuah server online atau virtual.

Kelebihan Cloud Server

Kelebihan Cloud Server

Memasuki ke pembahasan kelebihan dari Cloud Server, dariawal tentunya kamu udah sedikit paham dari penjelasan perbedaan dari kedua server yaitu VPS dengan cloud server. Langsung aja ya Sob kamu harus tahu kelebihannya biar gak ada ragu buat pilih layanan ini nantinya.

Kelebihan dari cloud server yang kamu dapatkan antara lain : 

  • Fleksibel dan mudah mendapatkan akses data di berbagai device dengan koneksi internet.
  • Safety terjamin penyimpanan file yang aman dan rendah terkena virus dari device yang digunakan.
  • Teamwork mudah dilakukan karena data dapat diakses olwh anggota group aja, dengan memberikan akses data kepada orang-orang tertentu misalnya.
  • Hemat, disini kamu akan sangat menghemat penyimpanan file berupa fisik di device karena penyimpanan yang digunakan bersifat online (terkoneksi dengan internet).
  • Cepat tentunya dalam melakukan proses penyimpanan maupun menjalankan perintah di hosting, kamu akan merasakan performa yang optimal dan kecepatan proses dalam bekerja.
  • Free Upgrade, dengan kelebihan ini tentunya kamu gak usah bingung untuk mengupgrade storage kamu, karena dengan cloud server kamu bisa bebas mengupgrade berapapun jumlah storage yang kamu butuhkan.

Tuhkan banyak banget kelebihannya, gak bakalan rugi dan khawatir deh kalau kamu pilih cloud server untuk hosting kamu. Lanjut tentang kelebihan tadi, ada yang membahas tentang aman gak sih itu ? Ok, Sob jawabannya kita jelasin di bawah ya.

Apakah Cloud Server Aman ?

Berbicara dengan suatu sistem keamanan, seperti halnya di rumah tentu pemilik rumah akan memastikan tentang alat pengaman yang akan mereka gunakan tidak mudah di bobol oleh maling kan Sob ? Sama halnya dengan user, pastinya seorang user akan mengecek apakah aman atau tidak kalau menggunakan ini untuk pribadi maupun kelompoknya.

Kamu akan yakin dengan keamanan yang di jaminkan oleh cloud server dan bisa langsung pilih cloud server untuk storage penyimpanan data hosting kamu Sob!

Keamanan yang di berikan antara lain : 

  • Jaminan aman akan data kamu yang di retas dan rusak oleh cyber.
  • Peningkatan keamanan sebanyak 94% dari bahaya virus yang dapat merusak data.

Cocok banget kan buat kamu yang sering mobilitas namun masih tetap sibuk buat ngurusin hosting bisnis kamu. Makanya cloud server ini cocok banget buat kamu yang sering mobilitas dengan akses di berbagai macam device yang mudah. Setelah banyak membahas tentang seluk beluk dasar dari cloud server. Yuk langsung praktekin gimana penggunaannya!

Cara Kerja Cloud Server

Proses kerja dari cloud server sendiri kamu bisa membayangkan cloud ini seperti kolam sumber yang menampung air. Sebenarnya di dalam rawa itu berisikan data, program maupun web hosting kamu. Lalu sebelum bisa di gunakan oleh masyarakat air tersebut harus melalui dan mengaliri irigasi (internet). Lalu bisa di distribusikan ke rumah-rumah warga secara masal. Berdasarkan gambaran ini, kamu juga menggabungkan beberapa kolam sumber air. Sehingga menjadi sumber yang besar atau bida di bilang sebagai danau.

Gimana jelas gampang banget kan penggunaan dan cara kerjanya Sob. Bisa di tarik kesimpulan yang menarik nih pembahasan kali ini.

Kesimpulan

Pada intinya cloud server sangat memudahkan kamu dalam menjalankan program web hosting kamu. Karena dari segi kemudahan akses di mana pun kapan pun dan menggunakan device apapun. Tentunya kamu bisa healing sambil monitoring dengan santai Sob.

Selain itu kamu gak perlu khawatir dan repot-repot membawa penyimpanan harddisk dan lainnya untuk menyimpan semua data file kamu. Cukup dengan ambil layanan cloud server kamu bakalan bisa nyantai sambil makan wafer Sob.

Buat langganan cloud server yang mudah dan simple. Tentunya untuk kamu yang bukan kaum mendang-mending bisa langsung hubungi JagoanCloud !.
Nah sekarang paham cloud server udah, tahu kelebihannya juga udah, apalagi ambil layanannya udah juga

Rekomendasi: Managed Cloud Server Dengan Biaya Fleksibel

Penerbit

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.